• +62 285 381921
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

PENCATATAN PENGESAHAN ANAK

No Komponen Uraian
1 Produk Pelayanan Akta Pengesahan Anak
2 Persyaratan Pelayanan

a. Kutipan akta kelahiran;
b. Kutipan akta perkawinan yang menerangkan terjadinya peristiwa perkawinan agama atau kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa terjadi sebelum kelahiran anak;
c. KK orang tua; dan
d. KTP-el.


Pencatatan pengesahan anak bagi Penduduk Orang Asing di wilayah NKRI :
a. Kutipan akta kelahiran;
b. Kutipan akta perkawinan yang menerangkan terjadinya peristiwa perkawinan agama atau kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa terjadi sebelum kelahiran anak;
c. KK orang tua; dan
d. Dokumen Perjalanan bagi ayah atau ibu Orang Asing.


Pencatatan pengesahan anak Penduduk di wilayah NKRI yang dilahirkan sebelum orang tuanya melaksanakan perkawinan sah menurut hukum agama atau kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dilakukan berdasarkan penetapan pengadilan. Pencatatan atas pengesahan anak dilakukan dengan membuat catatan pinggir pada register akta kelahiran maupun pada kutipan akta kelahiran dan/atau mencatat pada register akta pengesahan anak dan menerbitkan kutipan akta pengesahan anak.

3 Sistem Mekanisme dan Prosedur
  1. Pelayanan tatap muka :
    1. Pemohon datang ke tempat pelayanan;
    2. Pemohon mengambil nomor antrian;

    3. Pemohon menuju loket menyerahkan berkas persyaratan;
    4. Petugas penerimaan berkas memverifikasi berkas permohonan;
    5. Verifikator memverifikasi dan mengajukan tanda tangan
    eletronik;
    6. Kepala dinas menandatangani secara elektronik;
    7. Jika prosesnya ≤ 1 hari, petugas menerbitkan dokumen dan
    menyerahkannya kepada pemohon;
    8. Jika prosesnya ≥ 1 hari, petugas memberikan tanda terima
    pendaftaran kepada pemohon untuk mengambil dokumen pada
    waktu yang ditentukan;
    9. Selesai.

  2. Pelayanan daring melalui aplikasi :
    1. Pemohon mendaftar lewat online;
    2. Pemohon mendapatkan nomor register pelayanan online;
    3. Pemohon mendapatkan notifikasi;
    4. Petugas penerimaan berkas memverifikasi berkas permohonan;
    5. Verifikator memverifikasi dan mengajukan tanda tangan
    eletronik;
    6. Kepala dinas menandatangani secara elektronik;
    7. Jika prosesnya ≤ 1 hari, petugas menerbitkan dokumen dan
    memberikan notivikasi kepada pengambilan dokumen;
    8. Jika prosesnya ≥ 1 hari, petugas memberikan notifikasi kepada
    pemohon untuk mengambil dokumen pada waktu yang
    ditentukan;
    9. Selesai.

4

Jangka Waktu Penyelesaian

Jam Pelayanan Tatap Muka
Senin s/d Kamis Jam 08.00 WIB s/d 14.00 WIB
Jumat Jam 08.00 WIB s/d 10.30 WIB

Maksimal 5 (lima) hari kerja

5 Biaya / Tarif Tidak Dipungut Biaya / GRATIS


© Copyright 2025 , All Rights Reserved | Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pekalongan.