Tingkatkan Pelayanan PPAD Disdukcapil Gelar Rakor Adminduk di Kecamatan Petungkriyono
- Capil
- Berita
- Hits: 3

Kajen, 2 Oktober 2025
Ada beberapa bentuk strategi pelayanan yang diselenggarakan Disdukcapil, selain pelayanan tatap muka, pelayanan melalui aplikasi online Sintren dan IKD, pelayanan jemput bola, ada pula pelayanan melalui kerja sama fasilitasi pelayanan melalui admin desa/admin faskes/admin sekolah.
Salah satu strategi pelayanan melalui fasilitasi admin desa yang dilakukan oleh Petugas Pelayanan Adminduk di Desa (PPAD) adalah ditujukan untuk melayani masyarakat desa yang tidak bisa datang ke tempat pelayanan karena terkendala waktu dan kondisi geografis, PPAD hadir membantu menguruskan persyaratan dan mendistribusikan dokumen kependudukan setelah selesai diterbitkan.

Bagaimana pun juga peran PPAD tetap dibutuhkan untuk menjangkau pelayanan sampai ke pelosok desa. Guna meningkatkan pelayanan PPAD tersebut Rabu kemarin (1/10) Disdukcapil Kabupaten Pekalongan menggelar Rakor Adminduk di Ruang Kerja Camat Petungkriyono, yang dihadiri para Kepala Desa dan PPAD se Kecamatan Petungkriyono.

Urgensi Rakor Adminduk kalo ini adalah mengurai permasalahan adminduk yang terkendala permohonan belum sesuai dengan ketentuan Permendagri, baik mengenai formulir permohonan, persyaratan yang tidak lengkap atau masih terdapat kesalahan upload ke aplikasi Sintren, serta yang tidak kalah penting adalah membahas perpanjangan periode waktu kerja sama pelayanan.
Kepala Disdukcapil Kabupaten Pekalongan Ajid Suryo Pratondo, S.STP, M.Si yang hadir dalam rakor tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas kinerja PPAD selama ini dan mengharapkan agar peran PPAD dapat lebih ditingkatkan lagi sehingga masyarakat yang membutuhkan dokumen kependudukan dapat terlayani dengan baik dan dapat mengakses pelayanan kesehatan, sosial, pendidikan dan pelayanan publik lainnya.